9 Strategi Memanfaatkan Social Media

9 Strategi Memanfaatkan Social Media

Sosial media menjadi pilihan bagi banyak untuk menawarkan sebuah produk, karena melalui platform media sosial ini akan menjangkau audience sangat luas dan mudah. Namun bagi sebagian orang masih ada yang belum melakukan media sosial marketing dengan tepat, atau belum mendapatkan hasil yang maksimal dengan menggunakan satu platform saja.

Pada artikel ini kami akan memberikan pengertian dan mempelajari sosial media marketing dengan platform yang berbeda.

Pengertian Social Media Marketing

Social media marketing adalah kegiatan menawarkan sebuah produk ataupun jasa dengan memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikannya. Tetapi usaha social marketing juga biasa digunakan dengan usaha digital marketing lainnya seperti blog, email dan lain-lain. Kini platform media sosial cukup banyak, namun anda harus tepat untuk memilih platform yang disesuaikan dengan bisnis yang Anda jalankan yang tentu saja menjadi di strategi untuk mencapai sukses.

Diawali Dengan Data

Anda membutuhkan riset untuk mendukung upaya Anda sebelum melancarkan berbagai strategi social media marketing. Anda bisa memulainya dengan peluang media sosial di Indonesia.

Dari data yang terpercaya, lebih dari 160 juta orang yang ada di Indonesia menggunakan media sosial, dimana kebanyakan berkisar usia 25 hingga 30 tahun. Data tersebut dapat membantu anda untuk menentukan target pasar usia tertentu.

Hingga kini Facebook masih menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan, dan kini WhatsApp yang merupakan aplikasi untuk berkirim pesan juga tak luput digunakan untuk menawarkan sebuah produk ataupun jasa. Data ini tentu sangat membantu anda untuk bisa menentukan akan menerapkan upaya yang disesuaikan dengan strategi bisnis anda. Dan dan sebagian besar media diakses menggunakan perangkat mobile, jadi sebaiknya menggunakan konten promosi yang mobile friendly.

9 Strategi Memanfaatkan Social Media

Beberapa strategi sosial media marketing yang bisa anda lakukan antara lain adalah,

  1. Instagram Marketing

Instagram marketing memiliki potensi untuk menjadi sarana marketing dan hasilnya juga tidak meragukan. Postingan di Instagram dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli apa yang ditawarkan. Anda perlu melakukan beberapa strategi penting saat menggunakan Instagram, terutama alihkan akun Anda ke akun profesional atau Instagram bisnis untuk kemudian mengoptimasi profil bisnis anda. Setelah 2 langkah diatas sudah diterapkan maka anda bisa menciptakan konten kreatif dan hastag yang unik.

  1. Instagram Tools Terbaik

Jika anda mantap untuk memilih Instagram sebagai platform terbaik untuk mempromosikan bisnis anda, maka lakukan secara maksimal lagi, seperti memanfaatkan Instagram tools. Instagram tools akan mempermudah upaya sosial media marketing anda dari sisi pembuatan konten, promosi hingga menganalisa data. Tools yang bisa dimanfaatkan adalah Snapseed untuk mengedit foto serta Later untuk mengatur jadwal posting konten.

  1. Instagram Ads

Agar upaya Instagram marketing anda lebih maksimal, tak salah jika anda memasang iklan di platform tersebut. Iklan tentu berkait penggunaan anggaran, jadi pastikan iklan dapat menjangkau pelanggan secara luas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memasang iklan di Instagram adalah menentukan audensi dengan tepat, pilih format iklan yang sesuai dengan produk yang Anda tawarkan serta teks copywriting yang harus menarik.

  1. Facebook Marketing

Facebook menjadi platform wajib untuk melakukan penawaran produk ataupun jasa. Banyak strategi yang bisa digunakan untuk pemasaran menggunakan Facebook, seperti membuat konten menarik, menentukan anggaran serta menganalisa upaya yang sudah dilakukan.

  1. Facebook Ads

Juga dapat menjadi pilihan yang tepat jika anda menyediakan budget khusus, karena menggunakan Facebook Ads akan mempermudah untuk menentukan target audiens yang lebih spesifik serta cepat. Facebook Ads dapat mempelajari kebiasaan pengguna, dan dari situ Anda dapat membuat program promosi yang disesuaikan dengan target pasar. Untuk membuatnya tak berbeda dengan Instagram seperti memilih jenis iklan, menentukan target serta jadwal tayang iklan yang diatur.

  1. Twitter Marketing

Twitter marketing menjadi strategi social media marketing yang fokus pada brand visibility, hal tersebut sudah dibuktikan dari 80% pengguna menggunakan mention dalam tweet mereka dan hasilnya 50% brand mention melakukan pembelian produk. Anda bisa menerapkan strategi Twitter marketing dengan mengoptimalkan profil Twitter bisnis anda serta hastag pada tiap promosi produk.

  1. User-generated Content

User generated content merupakan postingan dari konsumen yang merasa puas dengan bisnis anda dan merekomendasikannya ke akun pribadi mereka. User generated content menjadi pilihan tepat sebagai strategi sosial media marketing yang handal, karena konsumen bisa menyakinkan orang lain untuk menggunakan produk Anda. Anda bisa membuat kontes atau giveaway dengan hastag tertentu serta meminta folower melakukan mention.

  1. Retargeting

Retargeting menjadi upaya untuk pendekatan kembali dengan konsumen sebelumnya ataupun yang hanya berkunjung ke website anda. Tujuannya agar anda bisa kembali melakukan penawaran produk atau jasa yang pernah mereka lihat.

  1. Plugin Social Media terbaik untuk Website

Menjalankan promosi secara terpisah melalui website dan media sosial?  Kini bisa di atasi dengan mudah secara terintegrasi mealui plugin social media WordPress. Pilihan plugin sosial media cukup beragam pilihannya seperti untuk sharing, profilling dan auto publish konten. Anda bisa mencoba plugin seperti Auto Publish, Social Warfare dan Instagram Feed.

Baca Juga :  11 Cara Agar Website Anda Mudah di Index Google

Cukup banyak pilihan strategi marketing social media seperti di atas, Anda bisa menggunakannya dengan memastikan target yang Anda tuju adalah target yang paling tepat dengan bisnis yang Anda jalani. Sebagai pemula, Anda bisa menggunakan beberapa platform yang bisa digunakan secara gratis. Atau Anda juga bisa memilih platform yang berbayar, semua bisa disesuaikan dengan budget Anda. Untuk mendukung strategi marketing Anda, maka Anda bisa membangun sebuah website atau Anda bisa kunjungi Desainsio.com untuk lebih jelasnya. Jika sudah memutuskan, kini saatnya Anda eksekusi. Selamat mencoba!