Cara Jitu Menjaring Leads Berkualitas Dengan Peluang Berhasil Lebih Besar

Cara Jitu Menjaring Leads Berkualitas Dengan Peluang Berhasil Lebih Besar

Tak mudah untuk membangun bisnis yang dijalankan secara online, tak jarang kita menemukan adanya konsumen yang menanyakan perihal jasa atau produk yang kita tawarkan, tetapi tidak ditutup dengan transaksi. Hal tersebut wajar saja, karena konsumen mencari yang terbaik sebelum mendapatkan produk atau jasa. Jika jasa atau produk yang kita tawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan mereka, maka mereka akan mencari alternatif toko lain.

Tetapi apakah hal tersebut akan membuat anda berhenti untuk melanjutkan bisnis online anda? Tentu saja tidak, jadikan hal tersebut sebagai cambuk agar anda lebih bekerja keras demi meningkatkan penjualan. Dengan cara apa anda akan meningkatkan penjualan?

Strategi yang jitu menjadi kunci sukses sebuah bisnis online, salah satunya adalah strategi Lead Generation. Pasti sebagian dari Anda belum memahami apa itu leads, peran penting leads, serta cara mendapatkan leads.

Pengertian Leads

Leads adalah orang yang memiliki kemungkinan besar dapat dijadikan pelanggan. Biasanya orang tersebut dengan sukarela akan meninggalkan kontak agar Anda  dapat menghubungi mereka jika ada info seputar promo ataupun produk yang terbaru.

Namun kita tidak mudah untuk bisa mendapatkannya, anda membutuhkan bantuan Lead Generation agar anda dapat memperoleh leads yang terbaik. Jadi Lead Generation adalah proses kita dapat menarik orang untuk menjadi pelanggan.

Leads ada beberapa macam, karena adanya perbedaan kebutuhan setiap orang. 4 macam leads tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Marketing Qualified Lead

Marketing qualified lead adalah orang yang pernah diberikan materi penawaran promosi anda. Bahkan mereka sudah tidak asing dengan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan, tetapi belum ada keputusan untuk membeli produk atau jasa, padahal mereka adalah lead yang memiliki peluang besar untuk dijadikan konsumen.

  1. Sales Qualified Lead

Sales qualified lead adalah orang yang memiliki minat terhadap produk atau layanan anda, bahkan dapat menjadi pelanggan. Mereka biasanya akan bertanya tentang detail info atau layanan anda.

  1. Product Qualified Lead

Product qualified lead adalah orang-orang yang mengambil program gratis produk Anda yang kemudian tertarik untuk melakukan upgrade produk versi premium.

  1. Service Qualified Lead

Hampir sama dengan produk qualified lead, service qualified lead adalah orang yang pernah mencoba gratis atau produk terbatas dari sebuah produk atau layanan dan mereka ingin mendapatkan fitur premium sehingga berani untuk membayar lebih.

Apakah Peran Penting Leads

Sebenarnya apakah yang membuat lead itu sangat penting dalam digital marketing. Berikut ini penjelasannya:

– Lead dapat mempermudah anda menghubungi calon pelanggan potensial

– Dengan mudah anda dapat menerapkan strategi inbound marketing

– Memudahkan jika anda ingin memberikan konten bermanfaat untuk para pelanggan

– memudahkan dalam memetakan demografi calon pelanggan

– memudahkan anda melakukan promosi dan juga konversi ke pelanggan yang paling potensial

Tips Untuk Mendapatkan Lead

Inti dari artikel ini adalah tips untuk mendapatkan leads yang berkualitas. Dan di bawah ini adalah cara untuk bisa mendapatkan lead yang dapat meningkatkan penjualan Anda:

  1. Membuat Landing Page

Landing page adalah sebuah halaman berupa form dengan tujuan mengumpulkan lead. Tak hanya form, halaman ini juga memberikan informasi lengkap tentang produk dan layanan yang ditawarkan. Landing page menjadi strategi jitu untuk menjaring lead, hanya dengan website yang memuat halaman khusus agar terlihat lihat bahwa anda sangat menghargai leads.

Tidak menutup kemungkinan leads anda akan bertambah karena adanya landing page yang terus terpampang di website anda. Cukup dengan membawa orang untuk mau mengunjungi website dan landing page tersebut, maka leads akan datang dengan sendirinya.

  1. Membagikan Ebook

Strategi kedua untuk mendapatkan leads adalah membagikan ebook secara gratis, dan cara ini bisa diterapkan di bisnis B2B. Transaksi B2B merupakan bisnis besar yang tak cukup hanya sekali pertemuan, sehingga memakan waktu untuk bisa meyakinkan calon pembeli untuk melakukan transaksi.

Baca Juga :  5 Cara Mendapatkan Income dari Bisnis Online

Ebook bisa dijadikan sebagai ucapan terima kasih atau souvenir untuk para calon pembeli, di mana di dalam ebook Anda dapat terlihat sebagai bisnis yang dapat dipercaya, dan memiliki reputasi yang baik. Ebook memang sebaiknya berisikan tentang apa yang sedang diminati oleh calon pelanggan. Tips dapat membuat ebook kami jelaskan seperti berikut :

– Pemilihan topik sebaiknya adalah topik yang spesifik, meskipun anda memiliki beberapa produk atau layanan. Pilihlah satu produk atau layanan ke dalam ebook agar mendapatkan lead yang banyak serta bersifat spesifik.

– Membuat konten harus bisa dipahami oleh pembaca, oleh karena itu harus memetakan ebook secara benar, berurutan dan juga logis.

– Desain ebook yang menarik juga dapat menarik perhatian minat pembaca untuk menikmati konten anda.

– Untuk mempercantik dekoratif ebook, Anda dapat menambahkan gambar, foto, diagram, atau apapun yang dapat membantu memperjelas maksud dari ebook anda.

  1. Freebies

Freebies lebih kepada konten yang khusus dibuat hanya untuk dibagikan secara gratis, tetapi tidak bisa disamakan dengan blog atau video. Freebies juga dapat diunduh atau dicetak di atas kertas, contohnya poster, worksheet, panduan singkat, ebook, dan lain-lain.

Freebies adalah strategi untuk mendapatkan leads lebih efektif jika dibandingkan dengan ebook, karena untuk membuat konten tidak terlalu lama dan hemat tenaga.

  1. Membuat Konten Premium

Untuk membuat konten premium anda harus memiliki konten dengan kualitas yang terbaik serta masa yang loyal. Hanya orang-orang yang masuk di dalam kriteria target pasar yang secara sukarela akan memberikan kontaknya, dan merekalah yang dikatakan leads berkualitas.

Di Indonesia mungkin cara ini masih jarang dipraktikkan, karena biasanya dilakukan oleh portal berita ataupun majalah online, terutama yang jaringannya sangat luas hingga ke taraf internasional. Jika anda ingin mencoba cara ini, maka anda harus membuat konten yang dapat menambah wawasan dan memberi jawaban atas pertanyaan yang mereka ajukan secara detail.

  1. Live Chat di Website

Menyediakan live chat di website dapat meningkatkan kredibilitas usaha anda serta untuk memudahkan pembeli menghubungi anda. Namun selain itu sebenarnya livechat juga dapat menambah leads. Karena otomatis mereka harus mengisi kolom nama dan alamat email.

  1. Melalui Media Sosial

Media sosial telah banyak tumbuh di internet seperti Facebook, twitter atau Instagram. Media sosial juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan leads, yang penting ada memiliki konten yang dapat menarik calon pelanggan.

Buatlah konten yang berupa pengumuman di media sosial bahwa anda membagikan konten eksklusif secara gratis, dimana untuk mendapatkannya calon pelanggan harus memberikan alamat emailnya. Dan jika ingin menjaring leads yang lebih banyak, mereka harus membagikan pengumuman tersebut di linimasa mereka sebagai syarat untuk mendapatkan konten eksklusif secara gratis milik anda.

Cara lain untuk mendapatkan leads adalah membuat event, mengadakan kuis, memberikan giveaway, melalui referal, dan mendapatkan kupon diskon. Cara-cara tersebut tak hanya dapat menguntungkan anda karena akan memperoleh leads lebih banyak, dan di pihak calon pelanggan juga mendapatkan keuntungan berupa promo yang anda berikan.

Dan ajang ini juga dapat dijadikan sebagai forum silaturahmi, di mana Anda juga dapat mempromosikan dan memperkenalkan lebih dalam bisnis Anda kepada para calon pelanggan.

Dari cara-cara anda dapat memilih cara yang sesuai dengan kemampuan anda, karena berbeda leads maka berbeda pula cara pendekatannya. Namun keberadaan website tetap menjadi komponen utama yang harus dipenuhi, tetapi jika belum memiliki website Anda dapat mengunjungi Desainsio.com sekarang juga. Selamat mencoba dan semoga sukses!