Mengenal Macam Dan Jenis Website Lebih Dalam

Mengenal Macam Dan Jenis Website Lebih Dalam

Pengertian website adalah sebuah halaman yang didalamnya tercantum informasi dalam bentuk gambar, suara, ataupun teks dimana siapa saja bisa mengaksesnya secara online melalui internet. Website sudah tidak asing lagi, karena bisa dikatakan website telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari seperti media sosial Facebook, instagram, twitter dan lain-lain.

Dari banyaknya pengguna internet  tidak semua memiliki website, dimana sebagian hanya menggunakan website untuk mendapatkan informasi melalui internet dengan masuk ke sebuah website. Alasannya karena sebagian orang tidak memiliki keahlian untuk membuat website, ada juga karena belum paham tentang apa itu website, fungsi dan juga manfaat apa yang didapatkan dari website. Website memiliki kontribusi untuk menjual produk maupun jasa secara online.

Pengertian Website, Fungsi dan Manfaatnya

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa website adalah sebuah informasi dalam bentuk gambar, suara dan teks yang pembuatannya juga disesuaikan dengan tujuannya. Website juga ada beberapa macam dan yang kita bahas disini adalah website e-commerce seperti toko online, pembayaran online, dan lain-lain. Intinya adalah segala kegiatan transaksi yang dilakukan secara online.

Sebagai contoh, Anda memiliki sebuah toko untuk memajang koleksi yang Anda jual secara ofline. Sama halnya dengan online, dimana sebuah website menjadi ruang untuk memajang koleksi yang Anda tawarkan. Menggunakan website sebagai beranda untuk berjualan memiliki banyak keuntungan seperti,

– jangkauan audince yang luas

– dapat dikunjungi kapan saja

– Anda dapat mempercantik tampilan jualan Anda tanpa harus repot memindahkan barang

 

Kemampuan Website Memberikan Informasi

Untuk membuat sebuah website, dibutuhkan script pemrogaman yang memberikan data yang telah dikelompokkan ketika website akan dibuat dan disesuaikan dengan tujuan pembuatan website. informasi yang akan di tampilkan, diambil dari database website tersebut atau bisa juga mendapatkannya dari lain sumber yang tersimpan di server hosting. Kemudian script pemrogaman yang tersimpan di server hosting tadi akan dikelola oleh web browser untuk memberikan informasi yang ditentukan.

Proses Website Menampilkan Data

Berikut ini adalah tahapannya :

  1. Anda ingin mengakses ke sebuah website melalui web browser
  2. internet akan mengakses server penyimpan data website atas perintah server browser
  3. internet akan mengambil data pada server hosting yang berupa informasi, gambar atau suara
  4. server memberi data kepada internet
  5. data yang diterima internet dari server langsung dikirimkan kembali ke browser
  6. browser memberikan data yang diterima dari internet dari website yang Anda dituju
  7. Anda menerima informasi yang dapat Anda akses pada alamat website yang Anda tuju

Tahapan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa website yang Anda akses tersimpan di sebuah server penyimpanan, sama halnya dengan tampilan yang Anda akses yang merupakan tampilan yang diambil dari web browser untuk ditampilkan di website Anda.

Website Menurut Media Penyimpanan

Wibsite dapat dibedakan sesuai dengan jenis media penyimpanan datanya. Dan website tersebut dibagi dua yaitu website statis dan website dinamis.

Website Statis

Website statis adalah website dengan data statis atau tetap, di mana informasi tertulis, tersimpan dan tertampilkan di halaman yang sama. Perubahan dapat dilakukan dengan mengedit script website yang ingin diubah secara manual.

Kelebihan website statis

– mudah  dan tidak memakan waktu lama

– file website yang berukuran kecil

– kecil peluang di hacking

Kekurangan website statis

– untuk menambahkan atau mengedit konten website harus melalui proses yang rumit

– menambah konten baru berarti membuat halaman yang baru

Website statis bisa digunakan untuk website yang minim update produk, mementingkan tampilan bukan informasi terbaru, dan juga tidak memerlukan sistem khusus jika ingin mengoperasikannya.

Website Dinamis

Website dinamis adalah tampilan data yang dapat berubah, baik itu ditambahkan, dikurangi ataupun diedit. Dan pada setiap informasi pada website tertulis di database pada server untuk kemudian  akan tampil pada halaman penampil ke browser.

Kelebihan website dinamis

– memperbarui informasi cukup mudah melalui halaman khusus

– data dan tampilan akan diproses sesuai sistem yang dibuat

Kekurangan website dinamis

– Proses pembuatan cukup lama

– proses pembuatan rumit dibandingkan website statis

– jika tingkat keamanan kurang, maka peluang terkena hacking cukup besar

– berpengaruh pada kecepatan website jika data yang diambil dari database berukuran relatif besar

Website dinamis bisa digunakan untuk anda ada yang ingin menggunakan website yang dilengkapi fitur kompleks.

Platform Untuk Membuat Website

Ada 4 platform yang digunakan oleh para web Developer, antara lain,

  1. Manual Coding

Manual coding yaitu sebuah website yang pembuatannya dari awal secara manual, hanya menggunakan script pemrograman serta fungsi bawaan scri[pt tersebut.

Dengan manual coding anda akan mendapatkan keuntungan berupa tampilan, fitur dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan dan hanya sang developer saja yang bisa mengetahui strukturnya.

Baca Juga :  Peran Penting Website Credibility Untuk Kelangsungan Bisnis Anda

Namun dibalik kelebihan tentu ada kekurangan dari manual coding yaitu anda harus benar-benar mengolahnya dari 0 mulai dari desain, mengetik kode script dan membuat database. Waktu pembuatannya juga cukup lama dan anda dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang script.

  1. Framework

Framework adalah sebuah wibsite yang cara membuatnya menggunakan library script pemrograman, serta fungsi dasar telah didefinisikan untuk mempermudah developer menggunakannya demi pengembangan website. Bagi yang telah familiar dengan pemrograman, untuk membuat Website akan terasa lebih cepat dan juga praktis menggunakan framework.

Kelebihan yang bisa anda dapatkan menggunakan framework adalah tampilan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan, struktur website lebih teratur karena sesuai dengan kaidah aturan penulisan framework, dan pembuatan lebih cepat karena mengandalkan library yang siap pakai.

Dan framework juga memiliki kekurangan berupa dalam hal mendesain, mengetik kode script dan juga database benar-benar dari 0, serta anda harus memiliki pengetahuan tentang Script.

  1. CMS (Content Management System)

CMS adalah sistem untuk membuat website yang siap pakai, sehingga pengguna tidak akan terlalu melibatkan script yang terlalu banyak. CMS setelah terinstal telah menyediakan fungsi dan fitur dasar pada website, dan CMS juga menerapkan sistem modul, componen dan Add-on atau plugin.

Kelebihan dari CMS ini adalah anda tidak diharuskan paham tentang pemrograman, fitur plugin atau extension telah ada dan siap digunakan, membuatnya cukup singkat, tampilan theme juga telah tersedia dan siap digunakan dan anda cukup mengisi form dan inputan tertentu jika ingin menyesuaikan dengan keinginan anda.

Dan jika menggunakan CMS juga memiliki kekurangan berupa tampilan website terbatas dengan desain theme, tidak selalu menyediakan fitur yang dibutuhkan dan memodifikasi fitur Anda harus mengetahui tentang pemrograman.

  1. Web Builder

Dan untuk web Builder adalah sistem pembuatan website sejenis CMS siap pakai, hanya saja di web Builder fungsinya lebih sedikit dan juga terbatas pada fungsi website umum.

Kelebihan menggunakan web builder yaitu tidak dibutuhkan pengetahuan tentang pemrograman, tampilan theme, fitur plugin atau extension juga telah tersedia dan siap pakai, website dibuat cukup cepat, dan website dibangun menggunakan konsep drag and drop.

Dan kekurangan web builder adalah terbatasnya tampilan website karena desain theme, fitur juga tidak selalu ada atau sesuai dengan keinginan, terbatasi layanan penyedia web builder serta fitur tidak bisa kita tambahkan sendiri.

Script Pemrograman Website yang Sering Digunakan

PHP adalah script pemrograman yang paling populer dilihat dari seringnya digunakan. PHP memiliki sifat yang open – source, komunitas besar yang tersebar di seluruh penjuru dunia, dan untuk memginstal dan menggunakannya sangat mudah, jadi tak heran jika PHP memilki banyak penggemar.

Bahkan beberapa website yang sudah ternama menggunakan script pemrograman ini, sebut saja WordPress, Facebook dan Wikipedia.

Kelebihan PHP

Kelebihan yang bisa didapatkan saat menggunakan PHP antara lain :

– bisa digunakan untuk membuat website dinamis

– sifatnya yang open – source, PHP dapat digunakan oleh siapa saja dan gratis

-semua sistem operasi dapat menjalankan program yang dibuat menggunakan PHP, karena PHP berjalan secara web-based yaitu semua sistem operasi hingga HP yang dilengkapi web browser bisa ikut menggunakan program PHP.

– jika dibandingkan dengan ASP dan Java, Aplikasi PHP lebih cepat

– My SQL, Oraqle, PostgrSQL dan lainnya juga mendukung banyak paket database

– untuk bahasa pemrograman, PHP tidak lagi membutuhkan kompilasi atau compile penggunaannya

– Apache, Lighttpd, IIS dan web server lainnya ikut mendukung PHP

– PHP memiliki banyak dokumentasi, referensi dan developer yang ikut membantu mengembangkan sehingga pengembangan aplikasi PHP cukup mudah

– aplikasi dan program PHP gratis dan siap pakai telah banyak ditemukan seperti WordPress, Prestashop dan lain-lain.

Kekurangan PHP

– tidak ada Package

– kode PHP jika di enconding semua orang dapat membacanya, namun untuk meng encondingnya anda membutuhkan tool dari Zend dengan biaya yang cukup mahal

– keamanan pada PHP juga kurang terjamin, jadi harus berhati-hati saat pemograman dan konfigurasi PHP

Script Desain Website Jenis Client Side yang Sering Digunakan

Script program jenis client side juga memiliki peranan penting dalam membuat website yang menarik. Script desain website jenis client side yang sering digunakan ada beberapa varian yaitu,

  1. HTML

Script pemrograman yang satu ini biasanya digunakan untuk mendesain tampilan website, dan untuk menggunakannya cukup mudah karena sintaks dasar kode HTML gampang dipahami dan diaplikasikan. HTML juga memilki 2 struktur yaitu Head untuk meletakkan informasi meta, javascript/style, dan Body untuk meletakkan script utama.

  1. CSS

Biasanya scrpt untuk mendefinisikan style pada halaman HTML, seperti panjang dan lebar sebuah halaman, warna, gambar, dan memperindah tampilan website. selain itu, CSS digunakan secara manual seperti script biasa.

  1. Javascript

Javascript memilki banyak manfaat segi desain dan untuk kebutuhan sehari-hari. Manfaat dari segi desain adalah untuk membuat efek tampilan dan fitur interaktif seperti slider dan popup. Dan dari segi sistem untuk keperluan verifikasi dan lain-lain. Kini banyak javascript library yang memudahkan penggunaan pada javascript website.

Penggabungan script pemrograman client side dan server side dengan tepat akan membantu untuk membuat website yang sangat menarik dan sesuai tujuan Anda.

Untuk membuat website memang membutuhkan perjalanan panjang, apalagi untuk mengembangkannya juga membutuhkan proses yang cukup lama. Namun adanya Desainsio.com akan membantu Anda dalam urusan membuat website. Pada dasarnya adalah konsistensi untuk membuat konten-konten menarik jika ingin website yang berumur panjang.

Semoga artikel diatas dapat membantu Anda untuk memahami website beserta fungsi dan kegunaannya, terutama bagi pemula. Semoga bermanfaat!