Mengenal Profesi sebagai PHP Developer

Mengenal Profesi sebagai PHP Developer

Website tak pernah terlepas dengan PHP, bahkan Wikipedia dan WordPress juga termasuk pengguna PHP. Hal ini membuktikan bahwa  PHP Developer kian memiliki popularitas yang tinggi dan banyak dibutuhkan.

Dengan kepopuleran PHP developer membuat banyak orang yang ingin terjun ke dunia PHP developer tersebut, namun masih banyak yang belum paham bagaimana memulai untuk menjadi seorang PHP Developer. Kami akan memberikan solusi bagi Anda yang ingin mencoba terjun ke dunia PHP developer, namun ada beberapa pemahaman yang harus diketahui.

Pengertian PHP Developer

PHP developer adalah seseorang yang memiliki keahlian tentang bahasa pemrograman PHP serta memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan sebuah website di sisi server. Jadi fokus utama yang dilakukan oleh PHP developer adalah pada cara kerja server serta keamanan dan bagaimana pengelolaan databasenya.

Namun terkadang PHP developer akan menentukan alur website agar berjalan secara optimal dengan bekerja sama dengan front end developer lain untuk membuat project pembuatan website. Intinya seorang PHP developer akan bekerja penuh di dalam satu tim web development, mulai dari perancangan website ataupun ketika terjadi error tiba-tiba. Jadi seorang PHP developer harus bisa menempatkan diri bekerja sendiri ataupun menjadi salah satu bagian dari tim, lalu apa saja tugas PHP Developer?

Tugas PHP Developer

  1. Membuat rancangan alur website

Membuat rancangan alur website adalah tugas seorang PHP developer agar pengunjung bisa dengan mudah mengaksesnya. Namun jika sebuah website terdapat user experience yang tidak memadai, maka andalah yang harus berfikir untuk membuat proses menjadi lebih efektif. Dengan tahapan yang disesuaikan dengan alur yang baik, maka server akan menghasilkan kinerja yang sangat baik.

  1. Menjamin Client dan server terhubung

PHP developer juga memiliki tugas untuk membuat akses website berjalan dengan lancar dengan melakukan coding dan memastikan client dan server tetap terhubung dengan baik. Ketepatan sebuah server memproses data serta browser yang dengan cepat dapat menampilkannya, maka performa website menjadi lebih optimal.

  1. Pengelolaan database

Pengelolaan database agar data website dapat tersimpan dengan baik serta digunakan secara optimal juga menjadi tanggung jawab PHP developer. Semakin banyak data yang dimiliki, maka juga akan berpengaruh pada kendala yang semakin besar sehingga pemahaman arsitek data dapat membantu meringankan kinerja server.

Tips Menjadi PHP Developer Handal

Anda mengetahui pemahaman tentang PHP developer dan apa saja tugas yang diemban oleh seorang PHP developer, maka berikut ini adalah tips untuk menjadi seorang PHP developer yang handal.

  1. Belajar membuat website

Menjadi seorang PHP Developer, maka Anda harus terus belajar untuk membuat Website atau coba ke  desainsio.com agar pemahaman pemrograman Anda semakin matang untuk membuat alur website yang baik. Dengan membuat website Anda akan paham dengan aturan penulisan PHP agar untuk melakukan problem solving bisa diatasi dengan mudah jika terjadi error pada website.

  1. Kerapian menulis kode

Penulisan kode yang rapi dan juga teratur, maka akan terlihat kualitas seorang PHP developer. Jika Anda ingin menilai sebagai seorang PHP developer yang berkualitas, maka kode Anda harus terbaca. Penulisan kode yang rapi akan membuata website akan lebih stabil serta mudah berkolaborasi dengan developer lain.

  1. Validasi data pengguna

Melakukan validasi data pengguna harus wajib dilakukan oleh seorang PHP developer secara konsisten. Hal ini dilakukan agar tidak ada file aneh yang terkirim ke server yang dapat membuat website kehilangan keamanan. Kehilangan keamanan tersebut seperti dibobol oleh hacker dengan banyak teknik peretasan. Untuk mencegah itu maka wajib menguasai berbagai teknik hacking seperti phising, XSS, deface dan lain-lain serta bagaimana mengatasi teknik tersebut.

  1. Ikut andil pada project open source

Project open source menjadi pintu gerbang Project besar, Anda harus siap mencari sebuah proyek open source dan ikut terlibat di dalamnya. Tahap ini sangat penting untuk menambah pengalaman serta memperluas jaringan. Dan Anda dapat menunjukkan skill Anda dalam Project tersebut dan bisa mendapat pelajaran dari PHP developer lain bagaimana cara mereka bekerja. Apalagi jika proyek berhasil tentu akan menjadi bekal untuk mendapatkan pekerjaan selanjutnya.

  1. Sertifikasi

Pentingnya sertifikat bagi seorang PHP developer adalah agar orang mengetahui skill yang Anda miliki sebagai seorang PHP developer. Sertifikat ini dapat membantu Anda saat melamar pekerjaan atau akan terlibat dalam sebuah Project. Atau Jika Anda ingin banyak orang mengetahuinya, Anda dapat meletakkan sertifikat pada Linkedin agar dapat membuka kesempatan untuk bekerjasama dalam pengembangan website.

  1. Ahli PHP framework

PHP framework juga harus ada di genggaman, karena akan mempermudah untuk membuat website. Dengan menguasai framework, maka Anda dapat menghasilkan website yang banyak dalam waktu singkat. Dan membuka peluang mengerjakan sebuah Project untuk mengembangkan website, karena sebagian besar dibuat menggunakan framework dibandingkan PHP murni.

  1. Text editor yang mudah

Coding dan text editor menjadi makanan sehari-hari PHP Developers, jadi pemilihan text editor harus yang paling pas dan disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti penggunaan text editor dengan fitur snippet yang tidak membutuhkan penulisan kode dengan lengkap sehingga mempercepat pekerjaan.

  1. Penggunaan _once()

Siapa yang menyangka bahwa menggunakan -once() juga berpengaruh pada peningkatan performa website. Penggunaan in cloud _once() dapat digunakan berkomunikasi dengan yang lain dan juga akan terproses satu kali saja akan membuat kinerja server tidak terlalu terbebani. Jadi membiasakan diri untuk menggunakan kode ini dengan tepat secara tidak langsung dapat mengarahkan skill coding serta pekerjaan Anda menjadi lebih singkat.

  1. Class dan function bawaan

Class dan function bawaan jadi pilihan yang tepat untuk digunakan, karena akan lebih baik untuk membuat fuction sendiri. PHP juga telah menyediakan berbagai function yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda sehingga Anda tidak akan direpotkan untuk membuatnya sendiri dari awal.

  1. Penggunaan dbms

Database management system atau DBMS berfungsi memudahkan pengelolaan database. DBMS memiliki banyak sekali fitur yang mempermudah pekerjaan dalam waktu singkat. Anda juga dapat mengelola database tanpa menggunakan command Line sehingga menjadi lebih praktis.

Baca Juga :  7 Tahapan Dalam Membuat Blog dan Tips Dalam Optimasi Blog

Skill developer PHP

Untuk menjadi seorang PHP developer ada beberapa skill yang wajib dikuasai, antara lain,

  1. Algoritma pemrograman

Skill algoritma pemrograman sangat dibutuhkan oleh seorang PHP Developer karena berguna untuk merancang website yang terstruktur dan bersahabat di berbagai jenis website.

  1. Bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman juga harus dikuasai oleh seorang PHP developer seperti HTML yang digunakan sebagai bahasa market untuk kerangka website dan PHP sebagai bahasa pemrograman yang berkaitan dengan server.

  1. Database

Pemahaman tentang membuat database dibutuhkan seorang PHP developer agar dapat memiliki strategi untuk menyimpan data yang terstruktur. Hal itu dapat meringankan kinerja server yang cukup banyak. Salah satu database yang wajib dikuasai adalah my SQL dan  postgre SQL.

  1. Version control system

Pentingnya menguasai version control system adalah pemantauan perubahan saat coding dilakukan, terutama jika berada dalam satu tim web development karena ini dapat merekam perubahan kode yang dibuat.

  1. Komunikasi

Komunikasi yang baik adalah kunci sukses, oleh karena itu soft skill ini wajib dikuasai demi mudahnya dirampungkan pekerjaan secara bersama.

Peran penting seorang PHP Developer cukup besar untuk mengembangkan website. dan jika Anda berminat untuk terjun menjadi PHP Developer berarti Anda harus bisa menguasai skill yang dibutuhkan oleh seorang PHP Developer. Siapkan diri Anda dari sekarang!