11 Tips Memulai Bisnis Dari Nol

11 Tips Memulai Bisnis Dari Nol

Untuk memulai bisnis akan lebih bermakna jika memulainya dari nol, bukan hasil dari pemberian atau meneruskan kesuksesan orang lain. Memulai bisnis dari awal menjadi sebuah arena pertempuran untuk bisa memenangkan kesuksesan.

Bisnis tidak ada yang instan, segala sesuatunya membutuhkan kerja keras dan konsistensi. Dan juga siap untuk mengalami kegagalan, karena untuk menuju sukses pasti ada titik terendah dan harus mencoba untuk bangkit kembali.

Kami akan memberikan bekal untuk Anda yang ingin membangun bisnis dimulai dari nol, kami memiliki beberapa tips yang mumpuni untuk bisa mengantarkan Anda menuju kesuksesan dalam berbisnis.

Memulai Bisnis dari Bawah

Memiliki ide bisnis sangat dibutuhkan dan menjalankannya harus benar-benar menggunakan strategi yang tepat agar mendapatkan hasil yang diinginkan secara maksimal. Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh para pembisnis yang ingin mensukseskan bisnisnya.

  1. Dasar bisnis yang telah siap

Membangun sebuah bisnis juga memiliki tujuan untuk menentukan arah bisnis. Visi dan misi juga akan memperjelas bisnis yang Anda geluti dan juga termasuk dalam proses branding.

Untuk meningkatkan semangat bisnis anda, anda dapat membuat daftar nilai-nilai bisnis atau company value yang akan menuntun Anda menjalankan bisnis. Oleh karena itu buatlah sesemangat mungkin, namun tetap bisa diterima oleh akal sehat.

Ide bisnis juga menjadi kunci utama memulai bisnis dan kita harus pintar mencari peluang yang bisa dijadikan untuk bisnis, caranya adalah :

Permasalahan yang sedang dihadapi > mencari solusi yang tepat > tuangkan solusi dalam produk > perkenalkan produk yang bisa menjadi solusi bagi konsumen.

Sebagai contoh adalah tas belanja yang terbuat dari kain yang menggantikan tas plastik menjadi solusi mengurangi sampah plastik.

Contoh tersebut diatas sudah dapat membuka gambaran untuk Anda memulai bisnis dari bawah.

  1. Memaksimalkan Rencana

Sebelum memulai bisnis, maka anda harus memiliki dan benar-benar dibuat sekonkrit mungkin sebelum dieksekusi. Beberapa langkah yang dapat membantu anda untuk memaksimalkan rencana bisnis anda,

– membuat bisnis plan

Untuk memulai bisnis tuliskan semua yang berkaitan dengan bisnis Anda seperti budget, target pemasukan, strategi pemasaran dan juga segala sesuatu yang akan menjadi penunjang berkembangnya bisnis anda.

– total modal

Anggaran awal untuk membangun sebuah bisnis sebaiknya dihitung terlebih dahulu untuk mendapatkan perkiraan budget operasional yang akan dibutuhkan, biaya untuk legalisasi, pajak, dan target berapakah estimasi keuntungan yang akan didapat.

– riset pasar

Anda harus bisa menganalisa konsumen yang akan menggunakan produk bisnis Anda, semua itu dilakukan untuk mengetahui inovasi yang dibutuhkan konsumen.

– mengenali buyer persona

Menentukan target konsumen yang akan menggunakan produk Anda, lalu membuat profil konsumen yang terlihat nyata.

– membuat customer Journey

Buyer pesona sekiranya dapat diberi strategi untuk bisa mengetahui bisnis yang Anda jalankan, mengetahui brand, melihat produk hingga akhirnya akan menjadi pembeli produk Anda.

– mengukur kekuatan pesaing

Buatlah daftar list pesaing bisnis anda dan bandingkan kan kelebihannya dan kekurangan yang mereka miliki jika dibandingkan dengan bisnis anda. Dari situ Anda dapat melihat kekurangan bisnis anda untuk selanjutnya bisa diperbaiki.

– supplier terpercaya

Tepatlah dalam memilih supplier terbaik yang akan menunjang bahan baku atau layanan Anda seperti dari segi harga, kualitas, kecepatan dan ketepatan Supply.

– membuat susunan produksi

Dalam mengolah bahan mentah dan menjadi bahan yang siap pakai Anda harus memiliki susunan memproduksi sebuah produk yang jelas.

– promosi

Promosi tentu sangat dibutuhkan untuk memperkenalkan produk yang anda buat, dan itu menjadi salah satu strategi marketing yang penting.

– target

Anda juga harus menentukan target untuk menentukan tujuan bisnis Anda kedepannya baik jangka pendek, menengah dan panjang.

  1. Persiapan branding

Jika persiapan branding telah matang, Anda sudah ada pada tahap peluncuran branding anda. Untuk mengawali penjualan, maka sebaiknya menggunakan penjualan secara online, karena pada umumnya konsumen yang akan membeli suatu produk pasti akan mencari informasinya secara online sebelum membeli.

Alasannya agar buyer persona akrab dengan keberadaan bisnis anda. Cara untuk mengakrabkan diri dengan buyer persona, maka beberapa cara berikut ini bisa anda terapkan.

– Buatlah identitas brand

Sebuah produk yang memiliki identitas tentu menjadi mudah diingat oleh pembeli. Untuk itu buatlah sebuah logo yang mudah diingat, typografi, dengan warna yang dominan, template visual dan juga desain website.

– Membuat website

Website salah satu elemen penting untuk meyakinkan konsumen, sebagai pusat transaksi atau toko online, sebagai etalase produk, pemasaran dan branding serta sarana Untuk mensupport customer. Untuk membuat Website tentu tidak mudah dan juga membutuhkan perjalanan yang tidak sebentar, namun adanya desainsio.com membantu anda untuk membuat website sesuai yang anda butuhkan.

– Aktif di media sosial

Buatlah akun khusus untuk bisnis di semua media sosial seperti Instagram, facebook, Twitter, Tik Tok dan lain-lain. Sosial media tersebut dapat membantu anda untuk memperkenalkan produk Anda sekaligus memperlancar tahap marketing.

– Arahkan ke akun e-commerce

Keinginan anda tentu produk bisa sampai ke semua konsumen, oleh karena itu arahkan semua akun media sosial ataupun website ke e-commerce seperti Shopee, Lazada, Blibli dan lain-lain.

  1. Pembuatan branding

Pada tahap ke-3 Anda bisa mulai membuat produk, namun perhatikan beberapa hal berikut ini,

– tentukan standar kualitas sebuah produk atau layanan seperti bahan dasar, komposisi, model dan lain-lain.

– menentukan supplier, vendor dan stakeholder untuk mendukung ide produk.

– saat memproduksi barang terutama untuk meluncurkan produk harus memiliki stok untuk 1 bulan, dan tetap memproduksi produk cadangan jika launching sukses dijalankan

Baca Juga :  Tips Dan Trik Melakukan Giveaway Untuk Meningkatkan Income Bisnis

– menyiapkan website seperti tema website, platform toko online, payment gateway, landing page, shio dan lain-lain.

– aktif promosi di semua media untuk brand awareness serta menjadwalkan launching.

  1. Perkuat strategi marketing

Melakukan kegiatan marketing bertujuan untuk mengenalkan produk kepada calon konsumen dengan harapan konsumen familiar dengan produk kita, bahkan bisa menjadi pelanggan tetap.

Ada beragam macam untuk bisa mempromosikan bisnis Anda seperti melalui media sosial. Digital marketing juga dapat memaksimalkan promosi Anda seperti email resmi, SEO, google bisnisku, SEM dan lain-lain.

  1. Peluncuran Produk Orientasi customer

Pada tahap ini mungkin produk Anda sudah dikenal hingga sudah terjual, namun ada 1 hal yang perlu Anda lakukan yaitu dengan memberi lebih kepada konsumen.

Apa yang bisa anda beri lebih untuk konsumen? Anda bisa menambah fasilitas metode pembayaran, meningkatkan customer support, jaringan pengiriman yang luas dan lain-lain. Untuk itulah Anda membutuhkan survei guna mengetahui yang sedang dibutuhkan oleh konsumen, yang kemungkinan hal ini akan berpengaruh besar bagi bisnis anda.

  1. Meningkatkan penjualan

Cara meningkatkan penjualan bisa dengan menunjukkan produk ataupun layanan secara kualitas dan kuantitas, perbanyak variasi produk untuk meningkatkan level bisnis anda. Anda juga dapat kembali melakukan promosi kepada konsumen  untuk menambah luas pengenalan produk Anda.

  1. Memperkuat brand awareness

Untuk mempertahankan dan menambah pelanggan yang telah anda dapatkan selama ini, anda bisa memperkuat brand awareness dengan cara menguatkan engagement dengan konsumen. Seperti mengadakan giveaway, gratis produk setiap berbelanja pada minimal tertentu, kartu tanda terima kasih atau voucher belanja dan lain-lain.

Adanya review atau testimoni dari Konsumen juga ikut memperkuat brand awareness Anda, jadi Anda dapat mengumpulkannya untuk diekspos di website. Hal ini dilakukan karena rata-rata konsumen akan lebih dulu membaca review atau testimoni sebelum membeli sebuah produk.

  1. Memanfaatkan moment

Bisnis tidak selalu berada di atas, seperti roda yang berputar namun anda dapat sedikit mencegahnya dengan cara memanfaatkan moment-moment tertentu. Seperti ikut andil saat ada bazar, event ataupun perayaan tertentu.

  1. Perluas jaringan bisnis

Dengan menerapkan semua tahapan-tahapan yang ada di atas, maka kemungkinan besar bisnis anda akan berkembang pesat.

Dengan berkembangnya bisnis anda tentu keuangan akan menjadi stabil, memiliki pelanggan loyal serta produk yang sudah mumpunii. Tentu anda masih ingin lebih meningkatkan bisnis anda, berikut ini adalah tips untuk memperluas bisnis.

– Reseller

Anda berani memberikan potongan harga 5% – 10% kepada reseller yang menjual barang anda. Hal tersebut tentu tidak akan membuat Anda rugi, karena makin banyaknya reseller berarti makin banyak penjualan dan keuntungan pun di depan mata.

– Dropship

juga dapat memperluas jaringan penjualan dengan cara dropship yang mirip dengan reseller.

– Offline Store

Tak salah jika anda juga membuat toko offline, dan tempatkan di lokasi yang strategis di mana anda menemukan banyak pelanggan.

– Upgrade Cloud hosting

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas server serta performa toko online.

  1. Membuka cabang toko offline

Membuka cabang toko offline di kota kota besar tentu memiliki kemungkinan untuk bisa menggaet pasar secara lebih luas. Jika anda telah berani membuka cabang di kota-kota besar berarti bisnis anda benar-benar berkembang pesat, namun bukan berarti anda berhenti sampai di situ. Teruslah bereksplorasi untuk mencari strategi yang lebih baik demi berkembangnya bisnis yang Anda jalani.

Beberapa Pilihan Bidang Usaha yang Menjanjikan dan Bisa Anda Coba

Sebenarnya banyak sekali bidang usaha yang bisa dijadikan sebagai penghasil uang, yang penting kita dapat melihat peluang dimana sebuah bidang usaha tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Berikut ini adalah beberapa jenis bidang usaha yang paling menjanjikan yang bisa dimulai dari nol.

  1. Jasa membuat toko online

Makin pesatnya sebuah bisnis tentu semakin besar kebutuhan jasa pembuatan website toko online, karena kemampuan membuat website tidak selalu dimiliki oleh orang. Pembuatan toko online terutama digunakan oleh orang yang menjual produk siap jual yang tentu membutuhkan e-commerce ataupun toko online. Menjual produk jadi secara online memang memiliki peluang besar mendapatkan uang apapun jenis usaha ataupun jasanya. Dan toko online juga membantu untuk memajang barang-barang yang ditawarkan.

Sebuah toko online juga akan memiliki nilai plus dimata konsumen karena Website toko online dapat disesuaikan dengan kebutuhan seperti,

– tema yang bisa disesuaikan dengan karakter bisnis

– diterapkannya brand identity atau identitas produk

– masuk di peringkat teratas di pencarian Google

– integrasi tools marketing seperti Google analytics atau Google Ads dan lain-lain

– untuk pembayaran dan pengiriman produk dapat ditambah variannya

– dengan platform toko online maka untuk mengelolanya cukup mudah

  1. Kuliner

Kuliner termasuk kebutuhan primer, sehingga bidang usaha di bidang kuliner tidak akan menurun bahkan meningkat potensinya. Kuliner juga tidak menutup kemungkinan memiliki peluang besar jika menggunakan strategi digital marketing, karena lebih dari 60% orang yang mencari restoran akan terlebih dahulu melihat website restoran.

Bisnis kuliner ini juga tak luput dari keterkaitannya dengan website sebagai sarana go online, karena banyak sekali manfaat yang akan didapatkan seperti,

– lebih meyakinkan

– konsumen menjadi mudah untuk mencari restoran sesuai dengan keinginan

– dengan mudah mendapatkan partner kerja seperti supplier bahan baku, frenchise dan lain-lain

– penjualan yang akan meningkat

– jangkauan konsumen lebih luas dengan modal yang sangat kecil

– peluang untuk membeli dalam jumlah besar sangat meningkat

– pelanggan akan merasa nyaman dengan tampilan seperti harga preview menu layanan pesan-antar dan lain-lain.

  1. Teknologi

Perkembangan zaman tidak luput dari teknologi yang juga memiliki kemajuan dari waktu ke waktu, bidang usaha ini memiliki potensi yang cukup menjanjikan. Ide usaha di bidang teknologi ini cukup bervariasi seperti elektronik, penyedia software, template website dan lain-lain.

  1. Kesehatan dan kecantikan

Kesehatan, kebugaran dan juga kecantikan memiliki keterkaitan yang sangat erat, namun anda dapat memilih salah satu untuk bisa fokus terlebih dahulu. Sebagai contoh, anda dapat memanfaatkan awarness terhadap kecantikan, seperti serum wajah, krim Anti Aging dan lain-lain. Selain itu Anda juga dapat memberikan sedikit pengetahuan tentang perawatan kecantikan dengan memberikan artikel-artikel yang berkaitan dengan kecantikan.

Sama halnya dengan kebugaran serta kesehatan, anda dapat membuat video tutorial melakukan yoga atau Zumba untuk mengatur bobot tubuh.

  1. E-learning

Jika anda memiliki keahlian dalam bidang tertentu, Anda dapat memanfaatkannya sebagai peluang usaha yang menjanjikan di bidang e-learning. Pada masa pandemi seperti saat ini maka pembelajaran mengalami peningkatan, dan peluang ini bisa anda gunakan untuk membuat sistem e-learning sesuai dengan bidang yang anda kuasai.

  1. Jasa profesional

Jasa profesional bisa menjadi bisnis yang memiliki peluang besar tetapi dengan modal yang minim, apalagi jika anda memiliki salah satu bidang yang menjadi spesialisasi anda.

Jasa profesional biasa di jadikan partner individual ataupun perusahaan, karena ditangan ahlinya semua  urusan akan mudah diselesaikan. Jika anda sudah mendapat kepercayaan, maka klien yang akan berdatangan tak hanya di bidang keahlian anda, namun harus dimanfaatkan untuk memperdalam kemampuan serta memperluas jangkauan.

Sebagai contoh jasa Web Designer, web developer, digital marketing consultant, menulis artikel dan lain-lain. Dengan membuka bidang usaha ini maka anda menjadi profesional yang memiliki fleksibilitas dalam pekerjaan, yaitu dimanapun kapanpun dan dengan siapapun.

Siapkan Bisnis dari Nol

Untuk memulai sebuah bisnis harus memiliki tahapan-tahapan yang wajib untuk diterapkan, apalagi jika usaha tersebut dimulai dari nol. Jika anda berhasil mensukseskan bisnis Anda, maka anda telah menerapkan strategi dan konsistensi yang anda miliki. Namun untuk mencoba bisinis dari nol, maka semua bidang bisa dijadikan usaha, tergantung dari bidang yang Anda kuasai. Selamat mencoba.