Cara paling Mudah Website Menjadi SEO Friendly

Cara Mudah Website Menjadi SEO Friendly

Website yang terstruktur secara baik akan membantu memudahkan navigasi user dan juga berpengaruh baik untuk SEO, dan sebaliknya jika website tidak terstruktur secara baik maka terjadi kekacauan hingga susah dinavigasi, Google pun akan kesulitan untuk membedakan konten yang penting dan konten yang tidak penting, namun di Desainsio.com hal tersebut tidak akan terjadi

Pada artikel ini kami akan membantu anda memiliki peluang yang cukup besar berada di halaman terdepan mesin pencarian.

Cara Mudah Website Menjadi SEO Friendly

Pengertian Struktur Website

Struktur website adalah tatanan halaman terpenting yang tercantum di website yang akan terlihat dari navigasi utama atau menu. Jika website terstruktur dengan baik, maka semua halaman website akan saling berkaitan dan pengunjung dapat merasakan user experince yang baik karena mudah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Peran Penting Struktur Website

Beberapa alasan mengapa memperhatikan struktur website menjadi hal yang penting.

  1. Berpengaruh Pada User Experience

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa website yang terstruktur dengan baik berpengaruh pada user experience pada pengunjung website, karena mudah dinavigasi dan pengunjung juga dapat dengan mudah menemukan konten atau produk yang dicari.

Tetapi jika pengunjung kesulitan mencari halaman yang mereka butuhkan, kemungkinan pengunjung akan keluar dari website Anda yang tentu saja bisa merugikan.

  1. Mudah Crawling

Struktur yang baik juga dapat membantu web crawler mengakses dan menemukan keterkaitan antara konten yang sudah anda buat. Dengan begitu web crawler mudah mengindeks konten anda di mesin pencari.

  1. Memberikan Sitelinks

Struktur website yang baik dapat memberikan sitelink untuk Website. Sitelink adalah tampilan unik yang bisa didapatkan di hasil pencarian milik Google yang akan menunjukkan link home page dengan halaman-halaman penting di bawahnya.

Manfaat sitelink untuk SEO website Anda adalah,

– reputasi brand meningkat

– peningkatan pada kepercayaan pelanggan

– dapat membantu mendominasi hasil pencarian

– rasio klik meningkat

  1. Terhindar Dari Kompetisi Konten Website Yang Serupa

Konten-konten internal yang saling berkompetisi yang tentu saja sangat merugikan, karena pada masing-masing konten traffic akan berkurang. Yang dimaksud dengan kompetisi adalah ketika anda memiliki beberapa konten blog yang mungkin saja memiliki kemiripan.

Kemiripan konten-konten tersebut akan menyulitkan Google untuk menentukan konten manakah yang paling penting, yang akhirnya anda akan berkompetisi untuk berada di halaman terdepan Google. Untuk mencegah itu, maka anda harus membuat struktur taksonomi dan internal Link agar konten menjadi lebih jelas hubungannya dan tidak ada kompetisi dengan konten lainnya.

Tipe Struktur Website

Belum banyak yang mengetahui bahwa ada empat struktur website yang bisa anda gunakan antara lain adalah,

  1. Hierarki

Struktur website tipe hierarki adalah tipe yang paling sering digunakan dan banyak disukai. Struktur fitur ini memiliki susunan seperti pohon. Parent page memiliki informasi lebih luas yang terletak paling atas dan kemudian terbagi lagi menjadi beberapa kategori atau disebut child page dengan informasi yang lebih spesifik.

  1. Linier

Struktur website tipe ini memiliki struktur yang paling sederhana, dimana informasinya tersusun secara linear. Mulai data yang paling umum hingga yang paling spesifik atau secara alfabetis. Struktur ini cocok digunakan untuk  edukasi atau training.

  1. Matriks

Struktur yang satu ini menyediakan banyak link yang relevan untuk pengguna. Terdapat berbagai kumpulan topik di mana pengguna sesuka hati memilih link atau teks yang ingin dikunjungi selanjutnya.

  1. Network

Website ini memiliki struktur yang lebih dinamis dibandingkan dengan struktur lainnya, karena struktur ini pengguna bebas menentukan link atau teks yang akan dikunjungi. Struktur ini juga akan memberikan pengalaman pada pengguna untuk  pencarian mereka sendiri menggunakan fitur search.

Membuat Struktur Website Menggunakan SEO Friendly

Berikut ini adalah langkah untuk membuat struktur website menggunakan SEO friendly antara lain adalah,

  1. Membuat rencana

Kumpulkan ide-ide yang ingin anda masukkan ke dalam website dan kategorikan sesuai kategori yang lebih umum dan susun hingga semuanya memiliki keterkaitan.

  1. Link halaman di homepage

Homepage berada di posisi paling atas dari struktur website, yang menandakan bahwa homepage adalah halaman pertama kali yang akan diakses pengunjung sebelum pengunjung ke halaman lainnya. Oleh karena itu Anda wajib meletakkan Link halaman pada homepage, agar peluang pengunjung membuka halaman menjadi lebih besar dan mereka bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan mudah.

  1. Perjelas navigasi

Homepage yang memiliki struktur baik harus ada navigasi yang jelas. Navigasi terbagi dua jenis seperti,

Baca Juga :  11 Cara Agar Website Anda Mudah di Index Google
Menu

Menu adalah navigasi yang terdapat di dalam website dan diletakkan di bagian atas teks di samping logo atau nama website. banyak orang yang menggunakan menu sebagai tampilan halaman kategori yang berisi banyak konten. Dan menu juga bermanfaat untuk menghubungkan halaman landing page ataupun halaman kontak.

Breadcrumbs

Breadcrumbs adalah navigasi tambahan dalam sebuah website berbentuk teks yang berisi Link dan terletak di atas judul halaman. Breadcrumbs dapat memudahkan visitor mengetahui posisi mereka di website.

  1. Taksonomi

Taksonomi dapat membantu navigasi lebih teratur yang yang berada di wordpress atau CMS lainnya. Taksonomis berguna untuk mengelompokkan konten yang terbagi dalam beberapa kategori, yang akan memudahkan visitor mencari artikel yang serupa dengan topik lainnya.

Categories

Biasanya dalam satu blog dapat beberapa kategori seperti contoh  online shop fashion yang memiliki kategori pakaian pria, pakaian wanita atau pakaian anak-anak dan masih banyak lagi.

Tags

Tags juga dapat digunakan untuk mengkategorikan konten, namun tidak memiliki struktur seperti kategori berstruktur hierarki. Tags menjadi bagian yang penting untuk di libatkan, karena adanya tags maka dapat menunjukkan produk lain yang berkaitan, sehingga pengunjung website dapat memilih konten yang dapat menarik perhatian mereka.

  1. Internal Link

Pemahaman struktur website yang berhubungan dengan kategorisasi konten serta tautan link ke konten yang berhubungan, maka saatnya anda mengeksekusi untuk mempraktekkan menggunakan internal Link. Internal link adalah istilah yang menghubungkan konten-konten yang terdapat pada website anda. Untuk menggunakan internal link tidak bisa sembarangan, di mana terdapat dua halaman yang memiliki keterkaitan dengan topik yang juga berhubungan.

Inter Link dapat di kategorikan menjadi 2 macam yaitu,

  1. Internal link blog

Anda dapat membuat topik yang lebih umum atau  cakupan yang lebih luas yang kemudian buatlah beragam post dengan topik utama tadi. Setelah itu berikan internal link konten-konten di mana  nama konten harus saling berkaitan dengan topik utama.

  1. Internal link online shop

Ada perbedaan cara kerja internal link di online shop dengan blog. Di online shop visitor sebisa mungkin tetap berada di satu halaman, hingga melakukan transaksi pembelian. Untuk itu internal link online shop harus bisa membuat pengunjung membeli produk yang lebih menguntungkan dan triknya adalah,

– Link dari produk produk spesifik

– Yang menunjukkan ada pembeli produk tersebut

– Yang menunjukkan bagian pembelian terbaik ataupun produk murah

– Yang menunjukkan produk yang sejenis

  1. Mengelola struktur website

Dengan rampungnya struktur website Anda dibuat bukan berarti tugas Anda selesai, karena anda tetap harus melakukan maintenance, seperti memperhatikan strukturnya pada saat akan menambahkan konten baru.

Arsitektur web menjadi bagian dari strategi SEO jangka panjang, maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan seperti,

Mengaudit Konten

Hal ini berlaku jika anda memiliki artikel yang sudah lama tidak terkelola, maka segera lakukan update untuk kemudian dipublikasi ulang. Sebagai contoh jika terdapat artikel yang pernah dikunjungi maka anda bisa saja menghapusnya. Namun untuk menghapusnya anda harus benar-benar mempertimbangkannya, sebab untuk menghapus teks tidak bisa sembarangan karena dapat menyebabkan Google tak dapat lagi menemukan halaman karena terhapus, sehingga user berpeluang mendapatkan 404 eror page yang akhirnya berpengaruh buruk pada SEO website.

Dan jika sampai itu terjadi maka anda harus melakukan redirect URL pada halaman yang sudah terhapus, karena user bisa mendapatkan halaman lain yang relevan.

Kata Kunci Berbeda

Website Anda pasti akan berisi banyak konten, mulai dari yang topiknya luas hingga yang spesifik, jadi penggunaan kata kunci usahakan tidak sama saat menambahkan konten. Pencegahan tersebut karena Google bisa saja menghilangkan rangking anda karena berkompetisi dengan artikel di web anda sendiri. Itulah sebabnya melakukan riset performance konten sangat dibutuhkan agar dapat mencegah sesuatu untuk bisa diatasi sedini mungkin.

Analisa Taksonomi

Salah satu cara mengelola struktur website Anda dapat mengecek atau menganalisa taksonomi website. Anda dapat memulainya dari pengecekkan susunan kategori dan subkategori website, apakah masih sesuai dengan konten yang dibuat. Misalnya teaurdapat kategori yang memiliki sedikit page, maka akan lebih baik jika dihapus saja. Atau contoh lainnya adanya katogori yang memiliki banyak konten dibandingkan kategori lain, maka Anda lebih baik untuk membuat kategori baru.

Struktur website yang baik dapat meningkatkan reputasi pada Google dan pada pengunjung, jadi pengelolaan website menjadi penting untuk dilakukan. Dari awal pembuatan website hingga pengaturan ulang srtuktur website wajib diterapkan.